15 Inspirasi Desain Rumah 1 Lantai yang Mempersona

Setiap orang memiliki desain rumah idamannya masing-masing. Namun, seringkali masyarakat menganggap bahwa desain rumah terbaik ialah desain rumah yang besar dan bertingkat. Anggapan ini tentu saja salah total. Ada banyak rumah 1 lantai yang akan membuat kita ingin memilikinya. Sebagai contoh, lihatlah 15 desain rumah 1 lantai yang mempesona berikut ini.

  • Nuansa Putih

Bila dilihat dari depan, rumah ini memang tidak begitu luas. Namun, berkat penggunaan warna putih, rumah terlihat lebih lapang. Selain itu, warna putih juga memberikan nuansa nyaman. Ukuran jendela yang tinggi juga membuat rumah ini memiliki pencahayaan yang cukup.

  • Nuansa Eropa

Rumah nuansa Eropa ini memiliki suasana asri dan nyaman. Penggunaan warna cream pada dinding serta warna abu-abu pada atap terlihat sangat serasi. Sementara itu, motif khas Eropa sangat nampak pada desain jendela dan pintu di rumah ini.

  • Rumah Kayu

Desain rumah kayu 1 lantai ini juga tidak kalah menarik dari desain-desain sebelumnya. Penggunaan warna biru muda pada bagian atap membuat rumah tidak terlihat monoton. Di bagian teras, tersedia juga bangku-bangku kayu untuk bersantai.

  • Ala Betawi

Desain rumah 1 lantai juga dapat menerapkan nuansa tradisional. Salah satunya ialah pada rumah ala Betawi. Rumah ini memiliki lahan yang rindang sehingga rumah terasa sejuk. Ciri khas lainnya pada rumah Betawi ialah pintu utama yang selalu terletak di bagian tengah. Diantara pintu utama, akan dipasang jendela di sisi kiri dan kanan.

  • Bentuk Kubus

Rumah berbentuk kubus ini merupakan salah satu aplikasi desain rumah minimalis. Berbeda dengan rumah pada umumnya rumah ini memiliki permukaan atap  yang rata. Sementara itu, dinding rumah ini tidak hanya terdiri dari batu bata saja. Terdapat kombinasi dinding bermotif baru alam.

  • Penggunaan Batu Alam

Desain rumah satu lantai ini memberi kesan tradisional dan elegan. Dinding rumah terdiri dari batu alam. Sementara itu, atap rumah menggunakan warna abu-abu yang lebih gelap dari warna batu alam.

  • Nuansa Alami

Desain rumah 1 lantai ini memberikan nuansa yang alami. Bagian belakang rumah dipenuhi dengan pepohonan. Sementara itu, bagian depan rumah juga memberikan pemandangan hijau nan asri. Bangunan rumah sendiri dibuat memanjang dan hampir menyerupai huruf L.

  • Desain Rustic

Desain rumah berikut ini mengaplikasikan gaya rustic yang identik dengan nuansa pedesaan. Gaya rustic sangat nampak pada corak dinding rumah ini. Sementara itu pemandangan sekitar rumah juga semakin memperkuat nuansa pedesaan pada rumah ini.

  • Desain Minimalis

Desain minimalis termasuk salah satu desain yang banyak disukai orang. Desain ini dapat diterapkan di berbagai model rumah, termasuk rumah 1 lantai ini. Meskipun tidak luas, rumah ini terlihat tidak sempit. Meskipun ada mobil yang diparkirkan, masih ada halaman rumah yang tersedia dan dapat digunakan.

  • Elegan dan Mewah

Rumah 1 lantai juga bisa terlihat elegan dan mewah seperti desain rumah di atas. Ukuran rumah ini terbilang cukup luas. Sementara itu, penggunaan banyak jendela di rumah ini juga membuatnya semakin terlihat nyaman. Pada bagian kanan, terlihat kolam renang berukuran kecil.

  • Gaya Cottage

Gaya cottage merupakan salah satu gaya yang cocok untuk desain rumah 1 lantai. Pada rumah di atas, terlihat motif garis-garis berwarna abu-abu pada dinding yang dipadukan dengan atap berwarna merah. Pada bagian teras, digunakan lantai kayu sehingga nuansa alami sangat nampak.

  • Gaya Kolonial

Desain rumah 1 lantai yang juga mempesona ialah desain rumah kolonial. Rumah ini memiliki ciri khas yang juga diadaptasi oleh budaya Betawi, yakni penempatan pintu utama di bagian tengah. Selain itu, ciri gaya kolonial juga nampak jelas pada desain pintu dan jendelanya.

  • Gaya Kontemporer

Desain rumah 1 lantai ini mengaplikasikan gaya kontemporer. Penggunaan batu alam dan material kayu memberikan kesan alami. Sementara itu, desain rumah menampilkan kesan yang modern.

  • Gaya Mediterania

Desain rumah berikut ini mengaplikasikan gaya Mediterania. Ciri khas Mediterania nampak jelas pada motif lengkung yang terdapat di jendela dan teras bagian utama. Secara keseluruhan, rumah bergaya Mediterania ini terkesan elegan dan mewah.

  • Gaya Swedia

Rumah bergaya Swedia ini memiliki kaca yang berukuran sangat lebar. Kaca tersebutlah yang mengimbangi warna gelap pada dinding dan atau rumah. Meskipun hanya 1 lantai, terdapat ruang kecil di bagian lantai rumah. Bila dilihat dari luar, loteng tersebut akan nampak menarik sebab tidak mengikuti bentuk atap rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *